Sabtu, Mei 18
Shadow

DLARAR YUZAL; Qaidah Darurat

Tafaqquh.com-Bahaya itu harus dihilangkan. Kurang lebih begitulah qaidah ini diterjemahkan.

Secara ringkas qaidah ini bisa dijelaskan bahwa syariat (baca fiqih) menghendaki kebaikan disetiap lini kehidupan. Syariat Islam datang dengan salah satu misi, menghilangkan segala hal yang berbahaya.

Qaidah ini didasarkan pada hadits Rasulullah saw:

لا ضرر ولاضرار

Tidak boleh ada bahaya dan tidak boleh membahayakan.

Hadits tersebut diriwayatkan oleh Imam Malik dalam muwattha’ secara mursal. Ibnu majah meriwayatkannya dari Ibnu Abbas dan Ubbadah ibnu Shamit. Al-Hakim dalam al-Mustadrak, Al-Bayhaqi, Daraquthni dari Abi Said al-Khudri.

As-Suyuthi di dalam Al-Asybah wan ndahairnya menjelaskan bahwa dari qaidah ini muncul beberapa qaidah yang merupakan qaidah turunan dari qaidah addlarar yuzal. Diantara qaidah-qaidah turunan tersebut adalah:

Ad-Dlarurat Tubihul Mahdzurat

Artinya, keadaan darurat membolehkan hal-hal yang dilarang. Memakan bangkai diperbolehkan dalam keadaan darurat. Meminum khamr diperbolehkan ketika tersedak dan mengharuskan dia minum sementara itu tidak ada yang bisa diminum kecuali khamr. Menolak shail, hewan atau manusia yang mengancam keselamtan seseorang boleh dilakukan sekalipun berakibat fatal hingga terbunuhnya shail. Menggali kuburan mayat diperbolehkan manakala mayat tersebut diketahui belum dimandikan atau dihadapkan ke selain arah kiblat atau dikubur ditanah yang dighasab atau dikafani dengan kafan yang dighasab.

Hal-hal diatas adalah contoh keadaan darurat yang menjadikan sesuatu yang pada asalnya dilarang menjadi boleh.

Namun demikian, penerapan qaidah ini dipersyaratkan bahwa keadaan darurat yang dihadapi tidak lebih ringan dibanding mafsadahnya keharaman yang hendak dilakukan. Ringkasnya, mafsadah yang ditimbulkan dari melakukan larangan tersebut harus lebih ringan daripada mafsadah yang ditimbulkan oleh keadaan darurat tadi.

Wallahu a’lam

Bersambung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.